Kehebatan Si kecil

  Belajar Jadi Hebat

Mam menghadiri event Parenting Club Jakarta, sabtu 19 Oktober 2019 bertempat di NARA Senopati Jakarta Selatan.

Dengan tema  “PERKEMBANGAN OTAK KUNCI KEHEBATAN SI KECIL”

Narasumber:
Dr. RA. Setyo Handryastuti, SpA(K) – Dokter Spesialis Anak Konsultan,
Mom Lily dari @parentingclubid yang menjelaskan tentang pentingnya memberikan nutrisi dan stimulasi pada anak.

        

        

Mengartikan kehebatan anak Mama Zandra dan Zetta jika mereka pintar memainkan berbagai jenis alat musik, pintar bercerita dengan bahasanya dan berkreasi dengan imajinasinya. Orangtua lainnya pasti memiliki pemahaman yang berbeda tentang kehebatan Si Kecilnya. Apapun kehebatannya, fokus membentuk Si Kecil terus belajar menjadi lebih hebat.

Ilmu medis kedokteran menyimpulkan semakin kompleks sirkuit otak Si Kecil, semakin besar kapasitas untuk mengembangkan kehebatannya. Mulai terbentuknya ketika masih didalam kandungan, dan kecepatan tertinggi pembentukkan struktur dan sirkuit otak pada usia 6 tahun, terutama kurun waktu usia sebelum 2 tahun.

   

Faktor penting perkembangan anak hebat
– Nature: Faktor genetik dan biologis yang dimiliki sejak lahir.
– Nurture: Faktor-faktor lingkungan termasuk pola asuh, stimulasi, dan nutrisi.

Nutrisi perkembangan otak: Protein, kolin, sphingomyelin, asam linoleat & asam linolenat, DHA, fosfolipid.

Faktor stimulasi saat Si kecil belajar dengan orangtua/kerabatnya mendapatkan berbagai rangsangan sensoris.

Kehebatannya dilakukan dengan proses, bukan hasil instan.

Pada dasarnya Si Kecil hebat memiliki volume lapisan korteks otak yang lebih besar di daerah otak tertentu, dibandingkan dengan daerah otak lain.

Otak Si Kecil mulai berkembang pada usia 0 – 2 tahun yang biasa kita sebut usia golden age, di usia tersebut, perkembangan otak anak sedang berkembang pesat, bisa disamakan kurang lebih setara dengan 80% otak orang dewasa.

Otak merupakan satu rangkaian yang cara kerjanya dari bagian belakang ke depan.
Otak terbagi bagi menjadi beberapa bagian, yaitu bagian belakang adalah penglihatan, bagian samping adalah sensoris dan pendengaran, dan bagian tengah adalah sebagai pusat kecerdasan dan pusat memory, sedangkan paling depan adalah pusat perilaku dan mengambil keputusan.

Otak anak terdiri dari sel otak (neuron) dan jaringan penghubung antara sel otak (sinaps). Kehebatan Si Kecil merupakan salah satu cerminan dari struktur dan aktivitas kerja otaknya. Bagian otak yang paling banyak terlibat dalam pembentukan kehebatan Si Kecil adalah lapisan korteks.

Lapisan korteks merupakan area abu abu dalam otak, berkemampuan hebat, di masa anak masih relatif tipis, dan di masa remaja semakin menebal.

Lapisan korteks otak pada anak berkemampuan biasa, di masa anak relatif lebih tebal, dan di masa remaja semakin menyusut dan berkurang.

Otak anak hebat akan semakin maju seiring bertambahnya usia dan mencapai puncak potensinya pada masa remaja. Sebaliknya otak pada anak biasa akan semakin menurun dengan bertambahnya usia.

Sebelum anak belajar, ruang otak anak masih dalam tahap terbatas dan pada saat anak belajar, ruang otak akan bertambah semakin banyak dan luas. Sirkuit otak untuk kemampuan dasar yang akan terbentuk terlebih dahulu dan sirkuit otak untuk kemampuan lanjutan akan lebih rumit untuk terbentuk.

Cara mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak adalah memberi nutrisi dan stimulasi pada anak. Nutrisi merupakan protein dan energi yang membuat pembentukan koneksi antar sel otak. Zat besi adalah pentukan dan fungsi kerja sel otak. Zat seng adalah produksi molekul kimiawi yang mempercepat aliran persafaran. Tembaga adalah pembentukan dan fungsi kerja sel otak. Nutrisi bertujuan untuk membentuk dan mematangkan sel-sel otak, sedangkan stimulasi membentuk dan memperkaya jaringan koneksi antar sel otak. Nutrisi dan stimulasi sangatlah penting untuk anak hebat.

Cara menilai anak hebat dari hasil belajar. Membandingkan anak kita dengan anak lain yang seusia tidak baik, karena setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda beda, dan tidak bisa disamakan.
Kesimpulan dari bagaimana cara menilai anak hebat dari hasil belajarnya adalah dengan cara memberitahu pada anak mana yang baik dan mana yang buruk, dan jangan pernah untuk menuduh anak kita, supaya anak juga tidak merasa takut sama kita. Kemudian kita harus bersabar, karena pada saat inilah kita harus membimbing anak kita untuk menjadi anak yang hebat, semua butuh proses dan fase untuk anak kita.

Kesimpulannya kunci kehebatan Si kecil yaitu pemenuhan nutrisi dan proses belajar.
Inspirasi lainnya untuk dukung kehebatan Si kecil.

 

   

 

Sekarang kita udah tidak perlu repot lagi untuk mengetahui siklus perkembangan anak kita, karena @parentingclubid sudah menyediakan situs yang berbasis tumbuh kembang anak secara lengkap dan menyeluruh sehingga kita dapat mengetahui tentang si kecil lebih lanjut.

Acara ini terselenggara dengan baik salah satunya dari team @clozetteid
Terima Kasih ya.. sudah mengajak Mam ikut merasakan keseruannya, dan menambah ilmu serta membuka pandangan tentang kehebatan Si Kecil. Selanjutnya bisa di terapkan pelan-pelan ke Si kecil Zandra dan Zetta.

 

sumber: www.parentingclub.co.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *